Modul 2 Scratch Jr Menambahkan Sprite dan Latarbelakang
Modul 2
Menambahkan Sprite dan Latarbelakang
Sprite adalah sebuah karakter atau sesuatu yang bisa kita program seperti karakter manusia, hewan atau tumbuhan. Bahkan Sprite juga termasuk benda-benda seperti balon, mobil, rumah dan lain sebagainya. Banyaknya Sprite bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, untuk modul 2 ini kita akan belajar tentang bagaimana cara menambahkan Sprite dan latarbelakang pada Scratch Jr
Pertama kita akan belajar bagaimana caranya untuk menambahkan Sprite. Posisi Sprite pada Scratch Jr berada di kiri atas layar, biasanya untuk versi dekstop default untuk karakter Sprite adalah makhluk lucu berwarna biru. Sedangkan untuk versi mobile karakter Sprite default nya adalah kucing orange.
Untuk mengganti atau menghapus bisa klik dan tahan pada Sprite yang ingin dihapus sampai muncul gambar tanda x pada Sprite, kemudian klik tanda x tersebut. Maka Sprite akan hilang.
Untuk menambahkan Sprite klik tanda + pada bagian Sprite di sebelah kiri atas layar.
Pilih Sprite sesuai dengan kebutuhan program, pilih dengan klik tanda
Kita dapat meng-edit Sprite yang sudah ada.
Kita dapat meng-edit Sprite yang sudah ada.
1. Mengganti nama Sprite, Caranya :
- Klik Sprite yang akan diganti namanya, kemudian arahkan pada kolom nama yang sudah tersedia.
- Hapus namanya kemudian ketikkan nama yang kalian inginkan
2. Mengubah warna Sprite, Caranya :
- Klik gambar kuas yang terdapat di sebelah kanan Sprite
- Pilih salah satu warna
- Klik gambar kaleng cat
- Klik pada bagian gambar yang akan diubah warnanya.
Menambahkan Latarbelakang
Untuk menambahkan latarbelakang, klikkemudian pilih latarbelakang yang sudah disediakan oleh Scratch Jr.
Apabila kita menambahkan latarbelakang maka pada blok perintah End (kelompok blok berwarna merah) akan ditampilkan perintah untuk berpindah ke halaman lainnya.
Berikut adalah contoh ketika sudah bisa mengganti / menambahkan Sprite dan latarbelakang
Post a Comment for "Modul 2 Scratch Jr Menambahkan Sprite dan Latarbelakang"